Sabtu, 06 Juni 2015

Benteng Van der Wijck - Gombong, Jawa Tengah



Begitu mendengar nama Van der Wijck pasti terbayang jaman penjajahan Belanda. Benar sekali...!!!. 
Benteng ini dibangun oleh Van der Wijck, seorang perwira Belanda yang bertugas di Jawa Tengan pada tahun 1818 sebagai benteng pertahanan Hindia Belanda yang berlokasi sekitar 4 km ke utara kota Gombong, atau 35 km sebelah barat kota Kebumen, Jawa Tengah. Alamat lengkapnya adalah jalan Sapta Marga, desa Sedayu, kecamatan Gombong, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (di dalam kompleks sekolah calon Tamtama A). Obyek ini bisa menjadi alternatif kunjungan wisata jika anda sedang berada di Jawa Tengah. Benteng berlantai dua setinggi 10 meter, setebal 1,4 meter, dan seluas 7.168 meter persegi dengan 16 ruangan besar dan 27 ruangan kecil yang masih kokoh terawat rapi dan bersih ini sudah beberapa kali berganti fungsi, yaitu dari benteng pertahanan Hindia Belanda, kemudian menjadi penjara bagi para pengikut Diponegoro, lalu menjadi tempat persembunyian PKI dan kini dilestarikan oleh Pemda setempat menjadi tempat kunjungan wisata sejarah. Benteng ini juga menjadi lokasi tempat shooting  film "The Raid" yang terkenal itu.

Pada waktu saya berkunjung ke tempat ini, saya sempat menumpang kereta wisata berkeliling lokasi dan berhenti sekitar 30 menit didalam benteng untuk melihat-lihat ruangan dan sisi benteng serta berfoto. Bagus, bersih, rapi dan teratur namun ada sedikit kesan mistis didalamnya mengingat beberapa ruangannya adalah bekas penjara dan tempat penyiksaan para pengikut pangeran Diponegoro pada waktu itu. Secara keseluruhan saya sangat terkesan dengan obyek ini dan salut kepada pengelola yang telah menjaga lokasi ini tetap bersih dan rapi.
 
Banyak sekali fasilitas yang terdapat di lokasi wisata ini antara lain kereta wisata yang akan membawa wisatawan mengelilingi lokasi wisata, kolam renang & water boom, taman bermain anak2, kantin2 yang berjajar tertata rapi dan bersih, danau kecil untuk sekedar duduk2 melepas lelah, dan di pintu keluar terdapat banyak sekali penjaja makanan dan souvenir seperti tempat wisata pada umumnya.

 

Untuk menuju ke lokasi ini, saya menyusuri jalur selatan, setelah sampai Gombong ikuti terus ke arah Kebumen hingga menemukan papan petunjuk ke arah Benteng Van der Wijck lalu ikuti terus jalan tersebut sesuai petunjuk arah.

Biaya masuk ke obyek wisata ini cukup membayar retribusi sebesar Rp.2,000 per orang dan tiket kereta wisata sebesar Rp.5,000 per orang. Nggak bikin kantong bolong koq......!!

Bila anda membutuhkan informasi lebih lanjut silahkan hubungi telpon, email atau website dibawah ini.
Telp.: +62 287 473 460
Fax.: +62 287-471 861
Website : www.pariwisata.go.id
Email : parsenibud@kebumen.go.id
Jam Buka: Setiap hari jam 08.00 – 16.00

1 komentar: