Senin, 22 Juni 2015

Teluk Kiluan - Lampung




Ingin melihat lumba-lumba di habitat aslinya..? Yuuuk.... kita jalan-jalan ke Teluk Kiluan.
Teluk Kiluan adalah teluk tropis di Desa Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung dengan pemandangan lumba-lumba yang menari-nari sangat eksotis. Merupakan sebuah laguna besar yang dipeluk oleh gugusan tanjung di Lampung Selatan adalah tempat yang nyaman bagi para lumba-lumba untuk bermain-main dan bercanda karena air lautnya yang agak hangat dan ombaknya yang tidak terlalu besar. Pemandangannya baguuuus sekali, masih asli, bersih dan belum banyak pengunjung yang datang membuat tempat ini bagaikan tempat liburan pribadi. Waktu saya menuju ke lokasi ini masih belum tersedia fasilitas kendaraan umum. Beberapa jalan yang dilalui masih sangat rusak, semoga pemda setempat segera memperbaiki akses jalan menuju ke tempat yang indah bagaikan surga ini.

Selain pemandangan lumba-lumba juga terdapat sebuah laguna dikeliling tebing batu besar sangat eksotis bernama Laguna Lugundi. Saya harus berjalan sekitar 20 menit dari dermaga melalui jalan setapak dan memanjat bebatuan besar naik turun dan kadang harus mencebur ke perairannya, sangat menantang..!! membuat liburan saya penuh petualangan. Begitu sampai di lokasi maka terbayar sudah semua keletihan dengan menyaksikan pemandangan yang memanjakan mata saya. Airnya yang bening seolah memamerkan terumbu karang dan kehidupan bawah laut didasarnya. Terima kasih Tuhan, saya diberi kesempatan menyaksikan keindahan ini.

Bukan hanya itu, ada satu pulau kecil di pinggiran teluk yang begitu cantik menawan dan membuat dadaku berdebar waktu pertama kali melihatnya, pulau ini bernama Pulau Kelapa. Hanya sekitar 10 menit dari dermaga dengan menggunakan perahu kecil berkapasitas 4 orang, saya mendapati pulau dengan pasir putih bersih tanpa sampah, airnya bening sekali. Tak puas rasanya berada disini walaupun sudah menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Banyak sekali sudut-sudut cantik untuk berfoto dan berenang-renang ataupun sekedar bermain pasir di pantai.

Sebelum anda bosan dengan pujian saya akan tempat wisata ini, segera kunjungi dan buktikan sendiri keindahannya...!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar