Rabu, 03 Juni 2015

Pantai Kukup - Gunung Kidul


Banyak orang yang mengatakan bahwa pantai ini sangat mirip dengan Tanah Lot, di Bali. Benar sekali pendapat banyak orang mengenai pantai Kukup yaitu sebuah pantai dengan pasir putih yang terhampar bagaikan sutra menjadi alas dari sebuah pulau mungil yang cantik tersungging di bibir pantai yang bernama Pulau Jumino. Untuk mencapai puncak pulau ini ada jembatan sangat bagus yang menghubungkan pantai Kukup dengan pulau Jumino. Di puncak pulau ini terdapat Gardu Pantau atau Balai Bengong yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk memandang "sunset" atau matahari tenggelam yang sangat luar biasa indahnya, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ketempat ini ingin bersantai lebih lama untuk menikmati indahnya alam ciptaan yang Maha Kuasa.
Lokasi pantai ini persis di sebelah pantai Baron, tepatnya 1 km disebelah pantai Baron, sehingga akses jalan menuju lokasi ini sama dengan arah menuju pantai baron, hingga menjumpai papan petunjuk ke jalan kecil menuju lokasi tersebut. Dari Yogyakarta anda menuju ke Wonosari, bisa ambil arah jalan Imogiri, ikuti terus jalan imogiri hingga desa Panggang, lanjutkan ikuti jalan Paliyan Panggang hinga melewati SMPN 1 Saptosari kemudian ambil arah ke jalan Pantai Selatan Jawa, ikuti terus jalan tersebut dan ikuti petunjuk arah ke Pantai Baron, setelah itu ikuti petunjuk arah ke pantai Kukup.


Area parkir yang sangat luas dan bersih dengan biaya parkir mobil sebesar Rp.5,000.-, serta fasilitas umum yang lengkap membuat wisatawan sangat nyaman dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp.4,000.- per orang. Dari area parkir anda masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter melewati jajaran warung dan toko cindera mata sebelum anda dapat menemukan pantai tersebut. Berbeda dengan pantai2 yang lain, di lokasi ini sudah dikelola dengan sangat baik sehingga jajaran toko, warung dan para penjaja oleh2 berderet rapih dan sangat bersih dibawah rerimbunan pohon waru dan pohon peneduh lainnya menimbulkan kesan romantis dan nyaman dengan semilir angin pantai yang menyejukkan sangat cocok untuk duduk2 bersantai sambil menunggu "sunset" atau matahari terbenam. Jika anda ingin berrenang atau bermain air di pantai ini, sebaiknya hati2 karena masih banyak bulu babi dan landak laut yang dapat menyengat anda.



Di sebelah barat pantai Kukup terdapat tebing yang sangat eksotis, apalagi bila menginjak sore hari pada saat matahari tenggelam. Tebing ini mempunyai beberapa goa karang yang sering dipakai bermain oleh para wisatawan dan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Beberapa dari goa tersebut didalamnya masih terdapat biota laut dan ikan kecil yang berwarna warni.


Manjakan mata anda di pantai Kukup.....!!





3 komentar: