Kamis, 04 Juni 2015

Pantai Indrayanti


Wow...... Indahnya......!!! pasti itulah kata pertama yang keluar sewaktu tiba di pantai Indrayanti.
Penyebutan nama pantai Indrayanti adalah bukan nama yang sebenarnya melainkan nama sebuah restoran atau cafe yang terletak persis di depan pantai dengan papan nama yang besar dan sangat mencolok diantara pohon2 pandan pantai yang tertata apik dan indah sehingga siapapun pasti akan melihat atau menengok ke arah ini. Adapun nama sebenarnya yang diberikan pemerintah adalah Pantai Pulang Syawal namun nama ini kurang populer karena susah di ingat sehingga masyarakat lebih mudah menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.


Pintu masuk ke restoran Indrayanti sangat apik dan dapat langsung menembus ke pantai sehingga masyarakat sering terkecoh dengan jalan masuk yang seharusnya dimana hanya berupa gang kecil dengan papan nama seadanya. Tak heran jika wisatawan lebih memilih melalui pintu gerbang restoran dibanding pintu masuk yang seharusnya. Selain penataan dan "landscape" yang bagus dari restoran ini, juga terdapat fasilitas yang lengkap dan banyak "gazebo" untuk duduk2 bersantai sambil menikmati kuliner yang bisa dimasak dihadapan anda. Luar baisa memang.....!!! maka dari itulah nama Indrayanti lebih populer dari nama Pulang Syawal.



Apabila anda memasuki pantai ini melalui pintu restoran, anda akan mendapati pemandangan yang sangat rapi dan cantik dengan jajaran payung2 pantai serta "gazebo" yang ditata rapih dan menarik. Disebelah kiri pantai terdapat sebuah bukit karang yang menjorok kelaut ditumbuhi semak belukar bagaikan gundukan pulau terpisah. Apabila anda mempunyai cukup waktu untuk menaiki bukit karang ini maka anda akan disuguhi pemandandangan yang luar biasa dari atas bukit yaitu perbatasan pantai dengan Samudra Hindia yang begitu luas dengan burung2 camar, elang beterbangan diatas permukaan laut biru. Disisi kanan pantai terdapat batu hitam yang berdiri kokoh dengan lubang eksotis disisinya tanpa ada tumbuhan yang menutupinya. Ironis sekali memang, jika anda memasuki pantai ini melalui jalan masuk yang seharusnya (fasilitas dari pemerintah) maka anda hanya menjumpai sebuah pantai berpasir putih yang luas, namun jika menjelang sore hari maka pantai ini menjadi sangat indah dengan pemandangan matahari tenggelam ("sunset").


Banyak fasilitas penginapan, villa dan lainnya yang bisa ditemui di lokasi ini. Sekalipun demikian anda tetap harus memesan atau membuat reservasi jauh hari sebelumnya karena sering kali fasilitas yang sebanyak itu selalu saja penuh, apalagi di musim liburan.

Lokasi pantai ini masih di daerah Gunung Kidul yaitu di sebelah timur pantai Sundak, di desa Tepus kecamatan Wonosari, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini agak jauh bila anda dari arah Yogyakarta sehingga untuk menuju ke lokasi ini bisa memakan waktu sampai 5 jam dari Yogyakarta. 







1 komentar:

  1. pasirnya putih dan bersih yah,sangat terjaga kebersihannya,jadi mau mencoba kesana,adm.ijin ituk promosi untuk rekomdasi
    1.Wisata Pantai Selatan
    2.Hotel Jabar
    3.Hotel di Pangandaran
    4.kawah Putih
    5.Puncak Darajat Garut

    BalasHapus