Jumat, 19 Juni 2015

Bandar Lampung - Pulau Sumatra

Bandar Lampung, provinsi yang terletak di paling bawah pulau Sumatra hanya dibatasi oleh Selat Sunda dari pulau Jawa. Provinsi ini memiliki berbagai tempat wisata dengan keindahan alam luar biasa, baik pesona laut, pantai, danau, air terjun maupun wisata budaya dan yang tak kalah spektakuler adalah tempat pelatihan atau sekolah gajah.
Menara Siger
Tertarik untuk wisata ke Lampung?  Nggak jauh kok kalau anda tinggal di Jakarta atau sekitarnya.
Pada waktu saya berkunjung ke Lampung, saya memanfaatkan liburan akhir tahun yaitu mulai liburan Natal sampai tahun baru 2015 sehingga sempat mengunjungi beberapa tempat wisata eksotis dan mencicipi kuliner khas daerah ini, namun demikian saya tidak mampu mengunjungi seluruh tempat wisata yang ada berhubung saking banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik disini.

Kali ini saya ingin mencoba menggunakan jasa kapal laut. Saya berangkat dari Jakarta sekitar pukul 21.00 (sepulang kerja) dan tiba di penyeberangan Merak, Banten sekitar pukul 24.00. Setelah meninggalkan kendaraan di area parkir saya langsung menuju loket penjualan tiket kapal laut dengan tarif sebagai berikut:


Tempat Duduk Kls Ekonomi
Tempat Duduk Kls. Executive
Sangat diluar dugaan bahwa kapal laut yang saya tumpangi sangat besar dan bagus serta bersih sehingga jarak tempuh yang memakan waktu sekitar 3.5 jam menjadi tidak terasa karena merasa nyaman berada didalam kapal tersebut. Fasilitas restourant, kantin, toilet, executive room, ruang karaoke, ataupun ruang tidur gelaran jika anda ingin istirahat berselonjor dapat ditemui di kapal.

Reception Lobby Kapal
Geladak Kapal
Disarankan agar anda memilih kapal yang bagus sekalipun harga tiketnya semua sama namun jam keberangkatan berbeda. Untuk memilih kapal yang bagus anda dapat menanyakan langsung ke loket penjualan tiket ataupun ke petugas yang berjaga dipintu masuk.

Setibanya di Bakauheni sekitar pukul 04.30 pagi anda dapat menggunakan kendaraan umum ke Bandar Lampung dengan tarip Rp.25,000/orang atau sewa kendaraan yang banyak dijumpai di area pelabuhan ataupun reservasi online dengan tarip sewa sekitar Rp.750,000/hari untuk kendaraan seperti kijang, avanza ataupun APV sudah termasuk bahan bakar dan upah pengemudi.

Ada beberapa tempat wisata di Lampung yang saya ketahui:
1.   Pulau Pahawang
2.   Teluk Kiluan
3.   Pantai Pasir Putih
4.   Kalianda Resort
5.   Pantai Mutun & Tangkil
6.   Danau Ranau
7.   Tanjung Setia
8.   Lembah Hijau
9.  Air Terjun Putrimalu
10. Krakatau
11. Menara Siger
12. Museum Budaya Lampung
13. Taman Nasional Way Kambas (sekolah gajah)
14. Taman Purbakala Pugung Rahardjo
15. Pantai Duta Wisata
dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, untuk itu silahkan anda datang ke lampung untuk membuktikannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar