Rabu, 17 Juni 2015

Pantai Siung - Gunung Kidul, Yogyakarta


Pantai dengan pasir putih halus yang diapit oleh dua tebing kapur sangat mempesona setiap mata, inilah Pantai Siung.....!!!.  

Lokasi pantai ini masih di sekitar Gunung kidul yaitu di dusun Siung, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak sulit untuk mencapai tempat ini bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Dapat menempuh jalur dari Yogyakarta - Wonosari - Tepus - Purwodadi - Siung, sedangkan bila anda menggunakan angkutan umum dapat menggunakan bus dari terminal Giwangan jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari ganti angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus anda hanya bisa menggunakan jasa ojek sewaan.

  
Sepanjang perjalanan menuju lokasi saya menikmati keindahan alam berupa tebing-tebing karst beraneka bentuk menjulang tinggi kelangit berjajar, berkelok-kelok, tinggi rendah seperti sebuah nada dalam lagu, indah sekali memanjakan mata saya hingga tak sempat berkedip. Setelah sampai di lokasi barulah saya mengetahui bahwa banyak kegiatan panjat tebing di sekeliling pantai ini dan katanya pernah menjadi lokasi kegiatan ASEAN Climbing Gathering 2005 yang diikuti oleh 250 peserta dari beberapa negara tetangga. Wooooow.........!!! petualangan yang sangat seru pastinya. Di kawasan panjat tebing tersebut terdapat sekitar 250 jalur untuk pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda sehingga pantai Siung ini sering disebut sebagai "The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta".

Pengunjung pantai ini tidak sebanyak pantai-pantai lain di wilayah Gunung kidul, relatif masih sepi sehingga terasa nyaman berada disini seakan-akan pantai pribadi. Tak banyak fasilitas yang tersedia disini namun parkir kendaraan sangat luas dengan tarif Rp.2,000/motor atau Rp.5,000/mobil dan biaya masuk sebesar Rp.3,000/orang.

Terbilang sangat murah untuk menikmati pantai seindah ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar