Kamis, 11 Juni 2015

Kampung Labasan - Yogyakarta

courtesy by labasan resort

Indonesia merupakan surga bagi para pelancong yang menyukai wisata alam. 
Kali ini jika anda ingin menikmati wisata edukasi sambil merasakan suasana budaya Indonesia asli dengan pemandangan indah berlatar belakang gunung Merapi, dikelilingi sawah, kebun sayur mayur dan semak belukar khas daerah tropis serta melakukan kegiatan-kegiatan yang sangat menarik seperti belajar menanam padi, berkebun sayur mayur organik, membajag sawah, menanam bunga anggrek, anyelir dll., menangkap ikan di sungai,  belajar memasak ala jawa, belajar mengenal dan menghargai lingkungan dengan bersepeda keliling desa, belajar menari tradisional Jawa dan masih banyak kegiatan lainnya maka disinilah tempatnya,  Kampung Labasan...!!!
courtesy by labasan resort
Pada waktu saya berkunjung ke tempat ini saya menginap di sebuah resort yang bernama Kampung Labasan Tropical Resort & Restaurant. Tempatnya sangat nyaman, teduh, pemandangan indah dan udaranya segar. Fasilitas resort yang bagus dan bersih, membuat saya semakin betah berada ditempat ini. Bila malam tiba terdengar gemericik suara air sungai dan nyanyian kodok serta jangkrik melengkapi suasana pedesaan murni.

Resort yang beralamat di dusun Paraksari, desa Pakem Binangun, jalan Kaliurang km.17, Yogyakarta atau tepatnya 300 meter dari pasar Pakem ini selain menyediakan kuliner khas jawa kuno seperti tumis pakis, lodeh manggar kelapa, bacem tempe dll. juga menyediakan paket liburan seperti paket rapat, paket gathering, paket ulang tahun, paket pernikahan atau paket liburan. Sedangkan kegiatan yang ditawarkan bermacam-macam seperti "Organic Farming" (berkebun sayuran organik), "Herbal Park" (berkebun tanaman obat-obatan), "Agricultural Cultivation" (budidaya tanaman), "Traditional Cooking Class" (belajar memasak tradisional), "Movie Making" (cara membuat film), "Traditional Performance" (pertunjukan tradisional) atau yang tak kalah menariknya kegiatan outdoor seperti bersepeda mengelilingi desa, membajag sawah, menangkap ikan di sungai dll. Sungguh sangat menyenangkan pada waktu saya berlibur bersama rombongan keluarga.

courtesy by kompasiana
Untuk menuju Kampung Labasan tropical resort dapat melalui beberapa jalan dan moda transportasi sebagai berikut :
Dari Bandara Adisucipto, stasiun kereta api Tugu atau terminal bis Giwangan, berjalanlah menuju arah Ringroad Utara yang selanjutnya melalui jalan Kaliurang. Dari perempatan jalan Kaliurang-Ringroad Utara, Anda berjalan menuju Utara arah Kaliurang sejauh 12 Km. Setibanya Anda di perempatan lampu merah kota kecamatan Pakem, Anda jangan merjalan menuju Kaliurang, tapi ambillah jalur ke Barat (kiri) dimana jalan akan berkelok ke arah Utara sejauh 200 m, dan Anda akan bertemu dengan Jalan Pakem-Turi. Pada pertigaan tersebut ambil jalan ke arah Barat (kiri) sejauh 50 m dan Anda akan melihat Neon Box Kampung Labasan tropical resort disisi Selatan (kiri) jalan yang menunjuk arah masuk ke arah Utara (kanan) sejauh 200 m. Dan sampailah Anda di Kampung Labasan tropical resort yang berada ditengah persawahan dengan posisi mengantong di sisi Barat (kiri) jalan. Moda transportasi dari kota Yogyakarta ke kota kecamatan Pakem dapat menggunakan bis jurusan Jogja-Kaliurang dan berhenti di pasar Pakem yang hanya berjarak 500 m dari Kampung Labasan tropical resort. Selain bus, Anda dapat menuju Kampung Labasan tropical resort menggunakan kendaraan taksi yang banyak melayani transportasi ke wilayah Utara Yogyakarta.
Dari kota Semarang, Magelang atau kota lainnya dipesisir Utara pulau Jawa, Anda akan masuk ke Yogyakarta melalui kota Muntilan. Dari kota Muntilan Anda menuju Yogyakarta melalui jembatan Kali Krasak kecamatan Tempel. Selepas jembatan Kali Krasak terdapat jalan ke Utara (kiri) menuju kota kecamatan Turi, ikutilah jalan kabupaten tersebut menuju kota kecamatan Turi dan selanjutnya teruskan perjalanan menuju kota kecamatan Pakem melaui pertigaan Pulowatu. Dari pertigaan Pulowatu, Anda berjalan menuju kota kecamatan Pakem melalui jalan Pakem-Turi yang berjarak sekitar 2,5 Km. Dan ketika Anda telah melewati Restoran Pakem Sari, turunkan kecepatan kendaraan, dan 150 m kedepan, lihatlah sisi Selatan (kanan) jalan, diasana terdapat Neon Box Kampung Labasan tropical resort yang menunjuk masuk ke arah Utara (kiri) sejauh 200 m. Dan sampailah Anda di Kampung Labasan tropical resort yang berada ditengah persawahan dengan posisi mengantong di sisi Barat (kiri) jalan. Jarak pertigaan jalan selepas jembatan kali Krasak-Kampung Labasan tropical resort sekitar 10 Km.

courtesy by labasan resort

Ingin liburan anda penuh warna...?   Bisa dicoba liburan kesini, silahkan menghubungi nomor kontak sbb:
Telp. or Fax : +62 274 895896
Email:  kampunglabasanresort@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar