Jumat, 04 September 2015

Bromo - Amazing Vulcano


Keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini memang luar biasa dan sudah terkenal hingga seluruh dunia terbukti dari banyaknya wisatawan asing yang memadati tempat ini. 
Inilah Gunung Bromo....!!

Bagi sebagian orang Indonesia memang sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini dan bahkan mungkin sudah beberapa kali mengunjungi tempat ini seperti yang saya lakukan, namun bagi yang belum pernah mengunjunginya maka boleh disimak pengalaman dari paket wisata Bromo yang saya jalani sebagai referensi anda.

Banyak penginapan di lokasi ini mulai dari Hotel berbintang, Motel, Villa hingga Homestay/rumah inap dengan tarip harga mulai dari Rp.250,000.- hingga Rp.2,500,00.- per malam. Jika anda ingin menginap di tempat yang berlokasi paling atas dan persis didepan lava maka pilih saja Lava View Lodge Villa, atau Cafe Lava tapi jika anda ingin yang berlokasi dibawah dan berupa sebuah hotel maka bisa memilih hotel Bromo Permai 1 atau hotel Cemara Indah, semua terserah anda. Disarankan untuk googling dahulu agar dapat membandingkan harga dan memesan kamar sebelum hari keberangkatan karena hampir setiap hari hotel di tempat ini selalu penuh oleh wisatawan asing maupun dalam negri.
Pada waktu itu saya memilih untuk menginap di Lava View Lodge Villa karena villa ini terletak tepat di depan lautan lava sehingga saya dapat melihat lautan lava dan gunung Bromo dari dalam kamar, tapi jika siang hari villa ini menjadi panas terik
Dengan menyewa kendaraan jeep hardtop atau CJ7 berkapasitas 5 orang seharga Rp.500,000 per paket trip yang sudah kami pesan sebelumnya kami dijemput pukul 02 dini hari dalam kegelapan malam dan udara yang sangat dingin hingga mencapai 1 atau 3 derajad celcius. Riuh ramai para wisatawan asing dari berbagai negara dengan aneka bahasa memecahkan kesunyian malam yang seharusnya hening. Kami dan wisatawan lokal lainnya pun ikut berbondong-bondong menuju ke bukit Penanjakan.
Dari atas bukit Penanjakan inilah saya dapat menyaksikan matahari terbit yang begitu cantik dengan warna warni merona dan semburat sinar matahari menghiasi langit serta awan yang masih menutupi sebagian padang lava yang berada dibawah saya.  Woow... indahnya bagaikan lukisan alam.

Setelah matahari menampakan wajahnya saya pun bergegas turun bukit menuju puncak gunung Bromo karena bila matahari sudah meninggi maka Bromo akan menjadi panas terik. Dengan diantar oleh kendaraan yang sama (paket sewa kendaraan) kami menuju padang lava yang cukup luas. Dari padang lava tersebut sebagian family saya berjalan kaki menuju ke puncak Bromo namun saya memilih untuk menunggang kuda dengan harga sewa Rp.150,000/orang (pulang pergi).

Padang lava yang kami lalui cukup luas kira-kira memakan waktu 20 menit berjalan kaki hingga tiba persis dibawah puncak gunung. Untuk mencapai ke puncak Bromo kami harus menapaki tangga lebih dari 200 anak tangga dengan berjalan kaki karena kuda tidak diperkenankan naik hingga ke puncak.
Jantungku berdebar keras antara bahagia, kagum, haru dan kelelahan setelah menapaki tangga yang begitu tinggi. Kini berada di puncak Bromo yang indah seolah langit begitu dekat. Bagi anda yang akan menaiki tangga hingga puncak saya sarankan agar tidak langsung melihat kebawah setibanya di puncak gunung karena anda bisa merasa pusing. Beberapa saat setelah melihat pemandangan sekililing, barulah dapat menyaksikan curamnya kepundan dibawah kaki anda yang menyemburkan uap tanpa henti. Kelelahan pun terbayar sudah dengan menyaksikan keindahan alam ciptaan Tuhan ini.


Bagaimana cara menuju ke wisata gunung Bromo..?
Banyak sekali cara untuk dapat berwisata ke gunung Bromo, bahkan saat ini sudah banyak sekali paket wisata online atau paket wisata melalui media sosial ataupun website di internet yang dapat dipesan setiap saat. Anda tinggal pilih saja paket yang sesuai dengan tujuan anda misalnya paket Bromo-Rafting, paket Bromo-Kawah Ijen, paket Bromo-Bali, paket Bromo-Malang, paket Bromo-pulau Sempu dan sebagainya. Mulai dari harga ekonomis hingga yang exclusive. Namun bagi anda yang ingin berwisata sendiri maka saya akan berikan gambaran bahwa letak gunung Bromo melingkupi 4 kawasan kabupaten di propinsi Jawa Timur yaitu Kab Probolinggo, Kab Malang, Kab Pasuruan dan Kab Lumajang.

Jika Anda dari Surabaya (Stasiun, Bandara, Hotel dll) bisa mengambil jalur atau route dari Surabaya – Sidoarjo – Bangil – Pasuruan – Probolingo – Cemara Lawang – Bromo.

Jika anda dari Malang (Bandara, Stasiun, Hotel dll) Anda punya 2 pilihan yaitu:
  1. Via Tumpang (sejalur menuju Ranu Kumbolo,Gunung Semeru) namun untuk route ini jalan yang dilalui cukup ekstrim karena melalui hutan dan jalan cukup licin dan curam, tidak disarankan jika anda menggunakan kendaraan biasa lewat Tumpang kecuali anda memakai jasa sewa jeep hartop.
  2.  Bisa juga diakses melalui Pasuruan – Probolinggo - Cemara Lawang – Bromo
Jika Anda dari Jakarta dapat langsung menuju Malang/Surabaya (Stasiun dan Bandara).dilanjutkan sesuai route dan jalur menuju Bromo seperti tersebut diatas. Atau jika menempuh jalur selatan dapat langsung menuju ke arah Probolinggo tanpa ke Malang atau Surabaya dan selanjutnya seperti petunjuk diatas.

Selamat Berlibur.......


1 komentar:

  1. Keindahan gunung bromo itu sendiri memang sudah tidak diragukan lagi oleh para wisatawan lokal maupun asing, selain Keunikan dan pesona landscape yang ditawarkannya memang memberikan citarasa tersendiri yang akan membuat para pengunjung terkesan saat mengunjunginya.
    Great share bro :-)

    BalasHapus