Selasa, 01 September 2015

Pantai Laguna Helau - pantai di Lampung yang terabaikan


Laguna Helau adalah sebuah pantai di kota Kalianda kabupaten Lampung Selatan. Berjaraknya sekitar 65 km dari Bandar Lampung atau sekitar 24 km dari Pelabuhan Bakauheni. Pantai ini menghadap langsung ke Gunung Rajabasa yang menjulang kebiruan di alasi ombak kecil bersahabat, menjadikan pantai ini indah. 

Gugusan batu karang dan bebatuan tanggul penahan abrasi yang terletak di ujung pantai, disitulah spot terindah untuk berfoto. Begitu eloknya pantai ini siapapun pasti ingin mencicipi dinginnya air dan riak ombaknya, namun saya sarankan sebaiknya tidak mandi di pantai ini, andaipun tetap ingin mandi sebaiknya jangan terlalu jauh dari bibir pantai karena pantai ini memiliki palung begitu menjauh dari bibir pantai.

Pada waktu saya tiba di tempat ini cuaca sedang hujan gerimis dan udaranya sangat dingin berkabut hingga mencapai 10 derajad celcius, alhasil saya hanya bisa berfoto-foto saja karena airnya terlalu dingin.

Biaya tiket masuk ke pantai yang memiliki fasilitas penginapan berupa cottage kayu bergaya rumah panggung khas perkampungan Sumatera ini sebesar Rp.10.000/orang namun sangat disayangkan fasilitas tersebut sudah agak rusak karena tidak terawat. Jalanan yang sangat rusak dan akses menuju ke pantai ini yang tidak terawat menjadikan pantai yang indah ini sepi pengunjung bahkan terabaikan.
Lokasi ini mempunyai fasilitas sebuah Cottage yang berharga sewa permalam Rp.800.000 untuk 4 kamar, Rp.400.000 untuk 2 kamar, dan Rp.300.000.- (beach view) untuk 1 kamar, atau Rp.250.000.- (pond view) untuk 1 kamar. Selain itu disini juga terdapat bar dan kedai yg memang sederhana. Kamar-kamar dan fasilitasnya tidak terawat dengan baik, mungkin jarang ada pengunjung sehingga terkesan agak kotor dan lapuk.

Untuk mencapai Laguna Helau Resort, saya dari arah Bakauheni dengan menggunakan kendaraan pribadi langsung ke arah kota Kalianda, hingga sampai di pertigaan kota yang membelah arah ke dalam kota dengan jalan lintas Sumatera, berbeloklah ke kiri memasuki jalan 2 jalur. Sekitar 2 km setelah melewati Kantor Bupati Lampung Selatan, di sebelah kanan jalan terdapat pangkalan ojek dan plang penunjuk arah menuju Laguna Helau Resort. Kira-kira 6 km dari pangkalan ojek dengan menyusuri jalan berpasir yang memanjang di tepi pantai saya menemukan pintu gerbang Laguna Helau Resort.

Jika menggunakan angkutan umum, dari Bakauheni anda naik bus jurusan Bakauheni – Rajabasa dan turun di pertigaan Kota Kalianda dengan ongkos bus ekonomi sekitar Rp.5000.-. Dari pertigaan tersebut anda bisa naik ojek yang mangkal di pertigaan tersebut sampai ke lokasi Laguna Helau Resort dengan ongkos sekitar Rp.15.000-Rp.20.000. Dari pertigaan, sebenarnya anda juga bisa naik angkot dengan tarif Rp.3000.- sampai di pangkalan ojek menuju Laguna Helau Resort tapi jarang lewat karena angkotnya sedikit. Dari pangkalan ojek itu anda tinggal naik ojek ke Laguna Helau Resort dengan ongkos Rp.10.000-Rp.15.000.- .

Jika dari Bandar Lampung, kalo naik kendaraan pribadi tinggal menuju ke arah Bakauheni dan sesampainya di pertigaan kota dengan jalan lintas Sumatera silahkan berbelok ke kanan hingga sampai di pertigaan kota Kalianda, selanjutnya  silakan ikutin petunjuk di atas. Jika anda menggunakan kendaraan umum, naik bus jurusan Rajabasa-Bakauheni dan turun di pertigaan kota Kalianda dengan ongkos bus ekonomi sekitar Rp.15000.-, dan selanjutnya silahkan ikuti petunjuk seperti diatas.




10 komentar:

  1. Pantainya masih alami tuh, masih sepi pengunjung keknya

    Pantai Pacitan

    BalasHapus
  2. wah iya nih emang udah lama saya kepingin sekali ke Pacitan.
    Sebenarnya kami sudah rencanakan untuk ke sana dari tahun 2013 tapi tertunda terus hingga sekarang.
    kalau boleh tau hotel apa yang ada disana dan kelasnya bagaimana?
    thanks infonya mas...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. sama dengan tulisan saya ya haha
    http://resfran.blogspot.co.id/2010/03/laguna-helau-resort.html

    harga2nya pun sama persis
    padahal saya nulisnya 5 tahun yg lalu (2010)
    keren euy idah 2015 gak ada kenaikan :D

    BalasHapus
  5. Maaf bos apa benar denger2 katanya kalo ke laguna diharuskan menginap yaa?

    BalasHapus
  6. Maaf bos apa benar denger2 katanya kalo ke laguna diharuskan menginap yaa?

    BalasHapus
  7. ada CP laguna yg bisa dihubungi buat pesen cottage nya ga mas

    BalasHapus
  8. Kalo minep persyaratannya apa?

    BalasHapus
  9. Kalo minep persyaratannya apa?

    BalasHapus
  10. Baguas deh, pengen cepet2 kesana..
    Untuk info wisata yg lain kunjung di sini www.marikitapiknik.id

    BalasHapus