Rabu, 13 Mei 2015

Goa Pindul



Obyek wisata yang satu ini terbilang masih baru, karena baru dibuka pada 10 Oktober 2010 dan mulai dikenal masyarakat sebagai obyek wisata Gua Pindul, yang terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Panjang Gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Masih banyak terdapat kelelawar dan burung walet yang menempel didinding atapnya. Aliran sungai bawah tanah yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.
Untuk menikmati keindahan wisata Gua Pindul anda akan menelusuri gua tersebut selama satu jam, dari mulai mulut gua hingga berakhir pada sebuah Dam dengan memakai ban, pelampung diatas aliran arus sungai bawah tanah diantara batu2, stalaktit dan stalakmit gua yang berliku2 begitu indah. Tepat di tengah2 gua terdapat lubang di atapnya sehingga memungkinkan sinar matahari masuk kedalam gua dengan sorotan cahaya yang sangat cantik. Tak hanya itu, disisi lain juga terdapat tempat yang agak luas sehingga memungkinkan wisatawan untuk terjun dari tebing gua ke dalam aliran sungai. Bagi anda yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir karena memakai ban, pelampung dan ada instruktur yang selalu menemani anda sepanjang perjalanan wisata. Pokoknya Seru banget....!!!

Sebelum sampai ke lokasi, sebaiknya mampir ke tempat penyewaan peralatan seperti pelampung, ban, sepatu air dll. yang banyak dijumpai disepanjang jalan desa Bejiharjo karena tempat2 ini selain menyewakan peralatan juga menyediakan "instruktur/guide" yang akan memandu anda selama perjalanan didalam gua dengan harga sewa sekitar Rp.55,000 per paket (ban, pelampung, sepatu, headlamp,guide, antar jemput ke lokasi). Ditempat ini juga menyediakan lokasi parkir yang luas dan kamar mandi yang bersih untuk bilas dan ganti baju. Dari sini anda akan diantar/dijemput menuju lokasi dengan menumpang mobil bak terbuka (harga sudah termasuk dalam paket).

Belum ada kendaraan umum yang langsung ke lokasi, maka jika menggunakan kendaraan umum anda hanya sampai di terminal Wonosari, setelah itu dapat menumpang ojeg atau sewa kendaraan. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil dari Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 1.5 jam. Dari Yogyakarta menuju arah Wonosari, setelah itu ikuti jalan tersebut sekitar 7km ke arah utara, ambil jalan Ki Demang Wonopawiro menuju Desa Bejiharjo, lanjutkan dengan mengikuti jalan aspal.  Sekretariat Gua Pindul terletak di ujung jalan.

SELAMAT BERLIBUR...... 




1 komentar:

  1. Komentar anda atas artikel ini sangat kami hargai untuk perbaikan dan pertimbangan kami

    BalasHapus