Selasa, 19 Mei 2015

Pantai Goa Cemara, Bantul - Yogyakarta


Jika anda sedang berada di Yogyakarta dalam rangka bisnis, kursus atau liburan maka tempat ini bisa menjadi alternatif kunjungan anda selain "mainstream" yang itu2 saja seperti Malioboro, Keraton, Candi dan situs yang sudah sering dikunjungi. Coba deh kunjungi pantai yang satu ini, selain tempatnya tidak jauh dari Yogyakarta, yaitu di daerah Bantul selatan, juga tempat ini mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri untuk bersantai sekedar melepas lelah dengan nyaman, Pantai Goa Cemara.

Begitu mendengar nama goa pastilah akan terbayang sebuah ruangan gelap didalam tanah dengan lobang menganga sebagai pintu gerbangnya, namun tidak demikian dengan pantai yang satu ini. Pantai Goa Cemara sama sekali tidak menyerupai goa tapi hanya sebuah nama saja dari sebuah pantai yang terletak di Bantul selatan (searah dengan Parangtritis dan bersebelahan dengan pantai Pandansari dan pantai Samas).   Karena pantai tersebut ditumbuhi pohon cemara yang begitu lebat sehingga menutupi hampir seluruh bagian pantainya sebelum kita dapat melihat laut. Terdapat beberapa lorong teduh diantara ranting2 cemara yang menyerupai pintu gerbang sebuah goa sebagai jalan akses menuju ke laut yang indah dan unik, maka dari itulah tempat ini disebut Pantai Goa Cemara. Kesan teduh dan nyaman sangat terasa jika berada di pantai ini karena kita berada dibawah rerimbunan cemara yang lebat dan beralas pasir hitam yang sangat bersih, serta tiupan angin laut yang membuai setiap wisatawan untuk betah tinggal lebih lama di tempat ini. Apabila anda ingin berlama-lama di sini, maka disarankan untuk membawa tikar sebagai alat duduk2 sambil bersantai dibawah rerimbunan cemara.

Setelah masuk ke dalam rerimbunan cemara tersebut maka kesan gelap yang ada segera lenyap karena didalamnya terdapat banyak restoran, cafe, warung, mushola & tempat wudhu yang sangat bersih serta beberapa penjual mainan yang berjajar sepanjang jalan menuju ke pantai sebagaimana layaknya tempat hiburan pantai lainnya di Indonesia. Selain itu terdapat pula "Camping Area" dan olah raga dengan mobil ATV. Ya.... cukup menyenangkan untuk bercengkerama dan bersantai bersama keluarga ataupun teman2 sambil istirahat menikmati semilirnya angin laut dan teduhnya rerimbunan cemara. Ombak laut di pantai ini masih sangat aktif dan cenderung "galak" sehingga sering kali datang ombak besar secara tiba2 dan menggulung apa saja yang ada di tepi pantai kedalam laut lepas, untuk itu disarankan agar berhati2 lah jika anda bermain air ditepi pantai dan patuhilah rambu2 yang ada.

Petunjuk Lokasi::
Dari Jogja, ambil arah selatan ke Jl.Bantul. Lurus ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di kota Bantul. Lanjutkan lurus terus ke selatan hingga melewati Masjid Agung Bantul. Lalu, ketika sudah berada dibagian selatan Bantul dan sampai di Kretek Abang, belok ke kanan hingga anda mendapati rambu-rambu ke Goa Cemara. Ikutilah rambu tersebut hingga anda sampai tujuan.


Harga Tiket :
Rp.5,000,-/motor (2 orang) ;
Rp.5,000/Mobil (plus Rp.1,000/orang)
Rp.15,000/Bus (plus Rp.1,000/orang)












Yuuuk kesana, lokasinya nggak jauh kok......


3 komentar:

  1. pengen nyoba maen kesana Wisata,,seru banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

    BalasHapus
  2. murah meriah y kak, dan enak tempatnya. siip makasih

    BalasHapus
  3. kak, sekali pake ATV brp y biayanaya?

    BalasHapus