Jumat, 29 Mei 2015

Pantai Pandansimo - Bantul



Pantai Pandansimo yang dulu panas dan hanya ditumbuhi pandan, kini sudah berganti wajah dengan tumbuhnya pohon2 cemara di sepanjang pantainya. Pantai ini tepat bersebelahan dengan pantai Kuwaru sehingga bisa menyusuri pantai2 tersebut sekaligus jika anda punya banyak waktu untuk berjalan kaki menyusuri pantai. 

Letak pantai ini di desa Ngentak - Poncosari, kecamatan Srandakan, kabupaten Bantul. Untuk menuju ke lokasi ini dari Yogyakarta anda menuju ke arah Bantul, Srandakan dan tepat sebelum jembatan Progo (jembatan penghubung Bantul dan Kulon Progo) ada jalan menikung tajam ke kiri (arah selatan), ikuti terus jalan tersebut hingga pertigaan ada papan petunjuk Pantai Baru (atau pantai Pandansimo).

Geliat perekonomian yang bergerak maju terlihat dengan banyaknya kincir angin sepanjang jalan desa, kolam perikanan, agro- wisata buah naga dan peternakan sapi, bebek dll. Akses jalan menuju lokasi sangat mudah namun belum semuanya mulus. Adapun tiket masuk ke lokasi dikenakan Rp.5,000.- saja.

Tak kalah menarik dari pantainya yang teduh dengan rerimbunan cemara (hampir mirip goa cemara), ada banyak penjaja hasil tangkapan ikan laut seperti udang, ikan, cumi, kepiting dll. yang berjajar di depan pantai. Wisatawan dapat memilih hasil laut yang masih "fresh" dengan harga relatif muran dan sudah termasuk ongkos masak, sehingga bisa memesan untuk dimasak dengan bumbu sesuai selera pemesan, setelah itu dapat dinikmati di kedai/warung yang ditunjuk oleh penjual. Waktu saya mengunjungi tempat ini, saya sangat terkesan dengan udang goreng nya yang luaaaar biasa nikmatnya, apalagi ditemani dengan sambal terasi dan lalap daun singkong yang bisa kita petik sendiri di kebun. Pokoknya mak Nyuz......!!!





1 komentar: