Senin, 18 Mei 2015

Goa Rancang Kenocono - Gunung Kidul


 

Obyek wisata yang akan saya bahas kali ini masih di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Ya.... Gunung Kidul memang menyimpan banyak sekali pesona alam yang eksotis dan menggoda untuk dikunjungi, salah satunya adalah Goa Rancang Kencono.

Goa Rancang Kencono terletak tidak jauh dari lokasi air terjun Sri Gethuk yaitu di desa Menggoran, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencai lokasi ini belum tersedia kendaraan umum, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Adapun route yang ditempuh jika anda dari Yogyakarta, ambil arah menuju Wonosari setelah itu belok ke arah Piyungan - Bukit Bathuk atau Bukit Bintang - Sambipitu dan lanjutkan hingga pertigaan Gading (Lanud TNI AU) kemudian belok kanan ke arah Playen hingga pertigaan pasar Playen lalu belok kanan beberapa meter saja langsung belok ke arah Paliyan (ikuti papan arah Puskesmas Playen 2) hingga pertigaan, kemudian belok kanan menuju Padukuhan, Menggoran. Jalan raya dari pasar menuju Menggoran masih merupakan jalanan bebatuan di sambung jalan tanah beberapa meter yang memasuki kawasan perkebunan. Di pos perkebunan inilah sekretariat pengelola situs tersebut berada. Anda akan diantar dan dipandu oleh petugas setelah membeli tiket seharga Rp.5,000.- per orang.

Goa Rancang Kencono merupakan goa purba yang sudah berusia lebih dari dua abad. Menurut buku yang dikeluarkan oleh Balai Pelestarian Purbakala, Yogyakarta  goa ini pernah dijadikan persembunyian dan pertemuan (semacam rapat) laskar Mataram dalam menyusun rancangan besar untuk mengusir Belanda dari tanah kesultanan Yogyakarta.  Dari sinilah nama "Goa Rancang Kencono" tercipta yang berarti goa tempat merencanakan rancangan mulia.

Tepat didepan mulut goa terdapat sebuah pohon "Klumpit" besar yang sudah berusia ratusan tahun hingga menembus atap goa itu sendiri dan membuat lobang besar sehingga cahaya matahari dapat menembus hingga kedalam. Dibawah pohon tersebut terdapat pelataran beton yang cukup luas untuk beristirahat dilengkapi dengan tangga beton di kanan kirinya sebagai akses jalan masuk dan keluar goa. Kesan mistis sangat kental di goa ini dan konon katanya masih sering dipakai untuk bersemedi di waktu2 tertentu maka tidak heran jika situs ini sudah beberapa kali ditayangkan dalam acara uji nyali di salah satu stasiun tv swasta.

Di mulut gua yang lumayan besar terdapat stalaktit dan stalakmit yang sudah menyatu membentuk dinding marmer relief yang sangat indah alami, kemudian terdapat gerbang stalakti stalakmit untuk memasuki ruang pertama yang sempit dan hanya berisi stalaktit dan stalakmit menjuntai hingga kebawah. Untuk menuju ke ruang ketiga yaitu tempat persembunyian atau ruang rapat laskar Mataram hanya ada satu cara yaitu menerobos lobang gua yang sangat kecil dan sempit hanya cukup untuk satu orang dengan posisi menerobos. Ditempat ini sangat sempit gelap dan tidak tertembus matahari serta udaranya lembab menambah suasana mistis yang amat sangat tapi penuh rasa penasaran ingin tau apa saja yang terdapat didalamnya. Untuk itu wisatawan harus menggunakan "head lamp" yang sudah disediakan oleh pengelola dan tidak diperkenankan berlama2 ditempat ini karena oksigen diruangan ini hanya sedikit. 

Disalah satu sudut terdapat tulisan sumpah2 atau prasasti laskar Mataran yang ditulis didinding goa, dan disamping tulisan tersebut terdapat semacam kunci tergantung yang sudah menjadi batu marmer yang konon menurut ceritera bahwa kunci tersebut merupakan kunci ghaib untuk menghubungkan Goa Rancang Kencono ke arah gunung Merapi. Selain lorong ke gunung Merapi, terdapat juga lorong jalur arus sungai ke arah air terjun Sri Gethuk, namun berhubung sudah banyak bagian2 goa yang runntuh sehingga jalur tersebut tertutup bongkahan atau runtuhan goa. Jika anda ingin mengunjungi situs ini, saya anjurkan untuk mengambil paket wisata "2 in 1" yaitu  Goa Rancang Kencono dan body rafting air terjun Sri Gethuk dengan harga sekitar Rp.40,000.- sudah termasuk peralatan "safety" seperti pelampung, ban dan head lamp, asuransi, makan siang dan guide atau pemandu.

Wisata Goa Rancang Kencono sepenuhnya dikelola oleh masyarakat Desa Wisata Bleberan. Untuk info kunjungan atau penggunaan bumi perkemahan di kompleks Gua Rancang Kencono dapat menghubungi Sekretariat dengan Bp.Kohar (+62 853 3400 5700), atau Bp.Tri Harjono (+62 813 2821 6842).

Liburan anda ingin lebih menantang dan eksotis diisi penuh kenangan...? 
Coba deh yang satu ini.

Pasti Beda.....!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar