Senin, 11 Mei 2015

Pulau Belitong, Surga yang wajib dikunjungi




Sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatera, diapit Selat Gaspar dan Selat Karimata, di situlah Pulau Belitong berada. Saya sempat berpikir bahwa pulau ini dikenal hanya karena dahulu pernah menjadi pulau yang kaya akan hasil tambang timah dan lada putih, namun pikiran itu pun berubah setelah melihat sendiri pantai dan pulau-pulau kecil yang mengitari Pulau Belitong, benar-benar sangat indah….!!
 
Ya, pantai adalah sajian utama saat berwisata ke  Belitong, misalnya Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Binga, Pantai Penyabong dan masih banyak pantai2 lainnya yang memiliki keindahan serta pesonanya masing-masing. Mulai dari pasir putihnya yang sehalus tepung, atau pasir yang seperti butiran merica, bahkan ada pasir yang berkilau keemasan bila tertimpa cahaya matahari, ditambah lagi dengan pemandangan air laut sejernih kristal yang dihiasi batu-batu granit berukuran sangat besar berjajar begitu eloknya. Jika anda ingin berlibur ke Belitong tapi hanya punya sedikit waktu cuti, tidak perlu khawatir, tiga hari dua malam pun cukup untuk menikmati keindahan pulau ini. Wisata dari satu pantai ke pantai lainnya dekat, bahkan bisa berkeliling antar pantai dengan perahu motor.



Tak berapa jauh dari pantai terdapat “Batu Garuda” yang berdiri megah diatas permukaan air laut biru begitu cantiknya sehingga menjadi “icon” dari wisata Belitong. Sejujurnya, sangat sulit jika harus memilih pantai mana yang paling indah karena semua pantainya sangat cantik dan memiliki pesona masing-masing.
Wisata kali ini bisa dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang yang berpasir putih dan berbutir seperti merica. Selain pasirnya yang indah, pantai ini juga dihiasi batu granit besar-besar yang tersusun indah alami serta beberapa pulau kecil yang mengitarinya dengan jarak beberapa puluh meter saja dari bibir pantai. Dari pantai Tanjung Kelayang kita bisa menyewa perahu motor menuju pulau-pulau kecil sekelilingnya seperti Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, dan lainnya.
Hanya 15 menit perjalanan dengan perahu motor dari pulau Lengkuas, kita akan langsung dimanjakan dengan pemandangan aneka jenis ikan hias berwarna-warni yang hilir mudik di permukaan laut. Selain itu juga kita bisa bermain dengan bintang laut yang berukuran besar dan sangat bersahabat sambil menikmati keindahan bawah lautnya. Bagi anda yang gemar olah raga “snorkeling”, disinilah surganya.

Satu lagi pantai yang sangat indah yaitu Pantai Penyabong. Sebagai tempat yang sangat menarik untuk berpetualang dan sangat diminati oleh para penggemar fotografi. Keaslian tempat ini sangat terasa dengan kombinasi pemandangan tebing granit raksasa Batu Beginde, pantai pasir putih di Batu Lubang, dan kehidupan desa alami di Pulau seliu. Ketika rasa lapar dating, kita juga bias menikmati ikan segar langsung dari nelayan dan dimasak seketika sesuai selera wisatawan dengan harga yang relatip sangat murah.

Perjalanan dari Jakarta bisa ditempuh dengan pesawat terbang ke Tanjung Pandan yang hanya memakan waktu sekitar 50 menit.  Anda tak perlu khawatir dengan penginapan karena hotel berbintang dan penginapan banyak tersedia di pulau ini. Apalagi dengan Kendaraan untuk berkeliling wisata, anda dapat menghubungi pihak hotel ataupun menemui sendiri tempat2 penyewaan kendaraan yang banyak dijumpai disini dengan harga yang terjangkau (harga sewa sudah termasuk guide dan bahan bakar).
Lain Belitong Barat lain pula Belitong Timur. Siapa yang tak kenal “Laskar Pelangi”? Ya… di Belitong Timur tepatnya di Desa Manggar, disitulah tempat para laskar pelangi berada. Di wilayah Belitong Timur sangat tersohor sejak jaman VOC karena hasil timah putih dan lada putih maupun kopi. Kini galian tambang timah putih menyisakan lubang2 besar bagaikan danau yang beracun karena banyak mengandung mercury dan kandungan kimia lainnya, akan tetapi disisi lain memberikan pemandangan yang sangat indah, danau biru kehijauan dengan alas pasir tepung timah putih.
Jika anda berkunjung ke wilayah ini jangan lupa untuk mampir ke kedai kopi yang berjajar di hampir setiap sudut desa karena minum kopi sudah menjadi tradisi masyarakat setempat dan memang kopi Belitong sangat terkenal dan mempunyai cita rasa yang khas.
Dari sekian banyaknya pantai indah yang dimiliki  Belitong, ada sisi lain yang tidak boleh dilewatkan, anda wajib mencoba wisata kuliner yang tak kalah hebatnya, mulai dari seafood yang  luar biasa nikmatnya atau makanan khas tradisional Belitong yang bercita rasa melayu asli sampai ke buah2an segar seperti Durian, Manggis dan Rambutan. Jika anda penggemar durian maka datanglah di bulan Februari atau Juli karena disaat itulah sedang musimnya,  harganya pun relative sangat murah.


Selamat Berlibur…..
 
 
 
 

3 komentar:

  1. Komentar anda atas artikel ini sangat kami hargai untuk masukan dan perbaikan kami. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Foto2nya bagus banget, gambarnya tajem2 semua. Bravo!

    BalasHapus