Jumat, 15 Mei 2015

Goa Sriti, Gunung Kidul


Satu lagi obyek wisata goa yang sangat atraktif dan menarik untuk berpetualang di Gunung Kidul, Yogyakarta yaitu WISATA GOA SRITI. Tempat wisata ini terletak di perbatasan dusun Gelaran dan dusun Karangmojo, sekitar 500 meter di sebelah barat Goa Pindul, tepatnya di dusun Gelaran 1, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika anda menuju ke tempat wisata Goa Pindul pasti melewati tempat ini.



Goa yang terletak dibawah jalan raya menuju Goa Pindul ini membentang dari arah barat ke timur sepanjang 320 meter, terbentuk dari batuan karst yang terproses selama ribuan tahun. Goa ini mempunyai atap putih, stalaktit dan stalakmit yang masih aktif berproses hingga kini dan di atapnya masih dihuni burung sriti (sejenis walet) yang konon katanya sejak ribuan tahun lalu sudah menghuni goa ini, maka dari itulah goa ini dinamakan "GOA SRITII".






Belum banyak yang tau akan obyek wisata goa ini karena promosi yang kurang dari PemDa Setempat, tapi berhubung letaknya yang sangat dekat dengan Goa Pindul maka wisatawan dapat mengambil paket wisata Goa Pindul dan Goa Sriti sekaligus dengan harga tiket sekitar Rp.40,000.- untuk keduanya. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas antar jemput ke lokasi menggunakan kendaraan pick-up bak terbuka, karena kendaraan pribadi masih belum dapat masuk hingga ke lokasi.

Untuk menikmati keindahan goa dengan arus bawah tanah tersebut wisatawan harus mengenakan alat "safety"/keselamatan seperti pelampung, ban, "headlamp" sepatu karet dll. yang dapat disewa di tempat2 penyewaan yang banyak dijumpai di sepanjang desa Bejiharjo. Di tempat ini juga menyediakan kamar mandi untuk bilas, lapangan parkir yang luas dan jasa Juru Foto dengan tarip sekitar Rp.300,000 yang akan mengambil foto2 anda selama berpetualang (hasil foto tersimpan dalam "CD").  


Petualangan dimulai dari mulut goa yang sempit dan rendah. Ada sedikit kesan mistis pada waktu pertama kali menginjakkan kaki di goa ini, namun begitu masuk ke dalam, wow... indah sekali...!!!. Kedalaman air di ruang pertama hanya sebatas paha orang dewasa, namun sekitar 50 meter kemudian kedalaman bisa mencapai dada orang dewasa, dan terdapat lorong sempit yang hanya cukup dilalui oleh satu orang dengan posisi miring. Setelah itu akan dijumpai palung kecil berkedalaman 12 meter tepat didepan lorong. Bila anda tidak bisa berenang tak perlu khawatir karena ada pemandu yang siap membantu, untuk itu sebaiknya patuhilah peraturan2 yang sudah disampaikan oleh Pemandu kepada anda.

Goa Sriti mempunyai keunikan tersendiri karena selain jalurnya yang berliku2 juga mempunyai kedalaman yang berbeda2, stalaktit dan stalakmit yang unik2 menjuntai sampai kebawah dan bisa kita pegang tanpa penghalang.

Berhubung arus sungai bawah tanah di goa ini masih sangat aktif sehingga dimusim penghujan kadang kala datang banjir kiriman dari sungai, maka sebaiknya tidak terlalu berlama2 didalam gua. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah dimusim kemarau.

Fasilitas kendaraan umum menuju ke lokasi wisata ini belum ada, sehingga anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam dari Yogyakarta. Jika anda dari Yogyakarta ambil arah menuju ke Wonosari, kemudian sekitar 7 km dari gerbang Wonosari terdapat petunjuk arah ke Goa Pindul atau desa Bejiharjo, ikuti jalan aspal tersebut hingga anda memasuki desa Bejiharjo dan menjumpai beberapa tempat penyewaan peralatan "safety" dipinggir jalan.

Pokoknya nggak rugi deh ikutan nyebur di goa ini, PASTI SERU.....!!!






1 komentar:

  1. Komentar anda atas artikel ini sangat kami hargai sebagai referensi dan pertimbangan kami dalam melakukan perbaikan.

    BalasHapus